Makanan Tepat Untuk Menjaga Kadar Gula Tetap Stabil

Pola makan pada penderita diabetes merupakan faktor utama yang menentukan naik turunnya kadar gula darah. Selain pola makan yang sehat, penderita diabetes sebaiknya juga berolahraga secara teratur untuk menjaga kadar gula tetap stabil.

Beberapa makanan dapat langsung diubah menjadi gula darah atau bahkan dapat melonjakkan kadar gula darah sebagai contoh adalah roti. Pilihlah makanan berkarbohidrat yang perlahan dicerna oleh tubuh sehingga kadar gula darah dapat berubah secara perlahan.

Berikut ini beberapa makanan yang dapat membantu Anda menjaga kadar gula tetap stabil:

cara-menurunkan-gula-darah– Gandum

Gandum bisa membantu mengontrol kadar gula darah, karena gandum termasuk karbohidrat yang baik dan juga mengandung serat larut yang tinggi. Dengan mengkonsumsi gandum ini tidak akan menyebabkan kenaikan kadar gula secara drastis. Sifat gandum sendiri lambat dicerna oleh tubuh sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Bagi Anda yang kelebihan berat badan atau obesitas juga dapat mengkonsumsi gandum ini. Karena serat yang mudah larut membuat kita merasa kenyang lebih lama dan kita dapat mengurangi kelebihan berat badan.

– Stawberry

Jika Anda konsumsi stawberry ini akan membuat rasa kenyang lebih lama. Ini dikarenakan stawberry memiliki tingkat kalori yang lebih rendah dengan kandungan serat dan air yang cukup tinggi.

Perhatikan pula untuk porsinya, jika stawberry dikonsumsi dengan porsi yang tepat tidak akan membuat kadar gula melonjak tinggi.

– Brokoli

Konsumsilah sayuran yang mengandung serat yang tinggi untuk menjaga kadar gula Anda misalkan brokoli, bayam dan kacang hijau. Kemudian untuk sayuran yang mengandung tepung porsinya bisa disesuaikan, karena sayuran seperti kentang, dan jagung ini akan melonjakkan kadar gula dengan cepat.

– Salmon dan Daging Tanpa Lemak

Ikan Salmon mengandung Omega-3 yang baik untuk kesehatan terutama jantung. Selain itu konsumsi salmon dapat membantu insulin untuk bekerja secara maksimal.

Pilihlah daging tanpa lemak seperti dada ayam tanpa kulit karena mengadung protein yang tinggi, sehingga bagus jika dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *