Diabetes dan tekanan darah tinggi ada kalanya menyebabkan mematikan

cek-gula-300x300Para pengawas kesehatan Iambat sekali dalam mengurai sekian pertalian yang rumit yang menghubungkan menu mewah dengan berbagai penyakit peradaban. Seiring dengan gaya hidup (yang ditandai dengan banyak duduk), konsumsi kilori yang tinggi bisa mengakibatkan obesitas, yang pada gilirannya menyebabkan diabetes, tekanan darah tinggi serta penyakit jantung koroner. Konsumsi yang tinggi dari obat tradisional untuk gula kering makanan mewah seperti tepung putih dan gula bisa menimbulkan divertikulosis di samping sebab-sebab lainnya, sementara konsumsi garam yang tinggi diperkirakan menggalakkan tekanan darah tinggi. Menu yang kaya akan lemak binatang bisa menimbulkan penyakit-penyakit pembuluh darah yang pada akhirnya menimbulkan serangan jantung atau kelumpuhan. Akhirnya, lemak menu yang berlebihan bisa juga dihubungkan dengan kanker perut, dada, prostata serta kanker lainnya.

Baik menu mewah maupun gaya hidup sedenter mencerminkan perpisahan yang radikal dari kondisi-kondisi di dalam mana umat manusia menjalani evolusinya selama jutaan tahun. Kita semestinya tak usah terkesiap jika tubuh kita memberontak. Umat manusia sedemikian lama bergantung pada kedua kakinya dalam melakukan perjalanan ke mana-mana dan pada kekuatan fisiknya untuk mengolah bahan-bahan makanannya. Mayoritas penduduk.dunia yang jumlahnya mencengangkan mengkonsumsi pangan hanya sekedar buat mempertahankan hidup sementara segelintir penduduk memandang obesitas sebagai lambang status. Dan memang, kegendutan para senator Roma mempertinggi prestise mereka di tengah-tengah massa rakyat jelata yang kurang makan, dan tambahan berat badan Aga Khan tiap tahun merupakan suatu legenda di kalangan rakyatnyi.

Dewasa ini, sikap demikian masih tetap bertahan di negara-negara yang belum begitu maju. Di Amerika Utara, Eropa serta daerah-daerah berkembang lainnya; sebagian bedar orang dari semua kelas masyarakit mengkonsumsi lebih daripada yang mereka butuhkan, dan obesitas tidak lagi merupakan “hak istimewa,’ dari kelas atas. Sesungguhnya, Iemak yang berlebihan telah menjadi bencana bagi kelas bawah dan, bagi banyak orang Barat’yang kekurusan, sesuatu yang dicemooh oleh masyarakat. Doppelkinnepidemie” atau epidemi dagu berlipat telah meluas di Jerman Barat iemenjak kemajuan ekonomi yang luarbiasa sesudah perang. Di Amerika Serikat, 10 hingga 20 persen dari seluruh anak-anak dan 35 hingga 50 dari orang-orang setengah baya mempunyai berat badan yang berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *