Bukti langsung bagi gen garis kuman berasal dari kemampuan membentuk klon dan idiotipe tertentu

namaTerdapat pula bukti bagi variasi lebih lanjut dalam spesifisitas antibodi yang dapat berasal dari mutasi somadk dalam gen garis kuman yang dasar. Penggabungan obat alami gejala kencing manis terjadi antara gen V yang dipilih sel dan salah satu gen yang menandai daerah konsran Ig; suatu perubahan dengan penggabungan pada gen C yang lain akan menghasilkan antibodi dengan spesifisitas yang sama tetapi dari kelas atau subkelas yang lain.

 

5. Interaksi Antigen dan Antibodi in Vitro

Presipitasi

KURVA-KURVA PRESIPITIN KUANTITATIF

Antigen-antigen multivalen dicampur dengan antibodi-antibodi bivalen dalam larutan dapat bergabung untuk membentuk anyaman-anyaman tiga dimensi yang akan bergumpal dan berpresipitasi. Seperti yang telah dilukiskan pada Bab 1(hal. 5) jumlah presipitat bervariasi menurut perbandingan reagen dan dikemukakan pokok-pokok berikut :

(a)    Pada perbandingan-perbandingan bagian yang ‘sepadan’ (optimal) hampir semua antigen dan antibodi akan berpresipitasi bersama dan tidak dapat ditemukan lagi dalam cairan larutan (supernatant). Berdasarkan berat presipitat, dapatlah dihitung jumlah antibodi dala serum. Pada perbandingan yang optimal akan terjadi pula pembentukan presipitin yang paling cepat.

(b)    Bila antibodi berlebihan, sekurang-kurangnya dengan sebagian terbesar  serum-anti kelinci, kompleks yang berbentuk dengan antigen tidak dapat dilarutkan; hal ini memungkinkan perkiraan valensi antigen.

(c)    Presipitat cenderung untuk mencair kembali bila antigen berlebihan karena terbentuknya kompleks-kompleks yang dapat larut.

Serum-anti kuda dan manusi tertentu, terutama yang ditujukan terhadap antigen-antigen dengan sedikit penentu, agak berbeda karena membentuk pula kompleks-kompleks yang dapat larut dalam keadaan antibodi berlebihan , sebagian karena berbentuk kecil dan mungkin pula karena daya larut relatif imunoglobulin kuda dan manusia.

PRESIPITASI DALAM AGAR-AGAR

Reaksi presipitasi dapat dilihat dalam agar-agar. Pada metoda difusi ganda dari Ouchterlony, antigen dan antibodi yang ditaruh dalam palung yang dibuat dalam agar-agar, akan berdifusi masing-masing ke arah lawannya dan presipitat akan membentuk suatu garis buram di daerah di mana terjadi pertemuan antigen-antibodi dalam perbandingan yang optimal. Suatu larutan dengan beberapa antigen akan menghasilkan garis-garis ganda (Gambar 5.1a).

Hubungan imunologik antara dua antigen dapat dinilai dengan melakukan reaksi-reaksi presipitasipada sumur-sumur yang  berdekatan; garis-garis yang terbentuk oleh tiap antigen mungkin akan bersatu menandakan kesamaan imunoiogik, dapat iula terbentuk garis presipitasi berbentuk “taji” pada kasus antigen yang  masih serumpun, atau dapat pula terjadi pirsilangan, menandakan antigen yang tidak ada hubungan saru terhadap yang lain (Gambars.1b).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *