Tips Sebelum Memulai Beternak Itik

BEBEK HIBRIDA

Untuk menentukan apakah akan memulai usaha ternak itik dari menetaskan telur, itik remaja, atau dari itik yang siap bertelur, perlu pertimbangan-pertimbangan khusus.

  1. Apabila akan mulai dari menetaskan telur bebek/itik maka diperlukan kemampuan menggunakan alat penetas telur bebek otomatis maupun manual, kemampuan memilih telur tetas yang baik, dan kemampuan memelihara anak itik. Keuntungan dari menetaskan sendiri adalah kualitas anak itik dari awal sampai bertelur dapat diketahui dan dapat memperoleh tambahan pendapatan dari penjualan itik jantan.
  2. Apabila mulai dari itik remaja atau itik siap bertelur, diperlukan kemampuan memilih itik yang baik dan modal yang besar sebab dikenakan biaya pembesaran.
  3. Bagi peternak yang ingin segera menikmati produksi telur,mulai dari penetasan jelas hams menunggu lebih lama.
  4. Mulailah usaha dari telur tetas, bila menguasai keterampilanketerampilan seperti di atas (a), karena lebih murah dan lebih baik.

Itik Pedaging dan Itik Petelur
Saya seorang petani yang berkeinginan beternak itik. Namun, setelah mendengar beternak itik mempunyai dua tujuan produksi, yaitu petelur dan pedaging, saya menjadi bingung. Oleh karenanya, saya ingin mendapatkan penjelasan mengenai beberapa hal. Apakah pemeliharaan itik pedaging maupun petelur sama? Manakah yang lebih baik, itik pedaging atau itik petelur bila ditinjau dari segi pasamya?

Pada awal domestikasi itik, sebenarnya  semua  itik sama lam bentuk dan bobot badan, kemampuan menghasilkan telur, bahkan dalam warna bulu. Jadi, pada awalnya tidak ada itik petelur atau itik pedaging. Setelah didomestikasi, seleksi dan pemuliaan, terbentuklah itik dengan bobot badan, bentuk badan, kemampuan menghasilkan telur, dan warna bulu yang beragam.

Itik lokal yang terdapat di Indonesia merupakan itik tipe petelur. Walaupun demikian, saat ini itik jantan muda maupun itik betina yang tidak produktif dimanfaatkan sebagai itik pedaging.

Untuk memilih yang lebih baik antara memelihara itik pedaging atau itik petelur, perlu dipelajari pemasarannya lebih dahulu.

Cara menentukan jenis kelamin anak itik yang baru menetas dapat dengan melihat alat kelaminnya. Untuk melihat alat kelamin, perhatikan gambar di bawah.

jenis kelamin itikMenentukan jenis kelamin anak itik (Sumber: Stromberg. L., 1977, Sexing All Fowl, Baby Chicks, Game Birds, Cage Birds)

 

baca Juga Pemberian Pakan yang Benar untuk Ternak Itik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *