Tips Menjaga Kesehatan Pengidap Diabetes

Ada 4 hal yang harus dilakukan oleh pengidap penyakit diabetes:

  1. Berolahraga
  2. Konsumsi makanan yang sehat
  3. Konsumsi obat diabetes setiap hari
  4. Cek kadar gula secara teratur

Jika hal di atas tidak dilakukan akan menimbulkan komplikasi terhadap organ lain seperti gagal ginjal, retinopati diabetes, jantung, stroke dll. Dokter akan menyarankan kepada pengidap diabetes untuk tetap menjaga kestabilan kadar gula darah untuk menghindari komplikasi tersebut.
Mari kita bahas lebih lanjut tips menjaga kesehatan bagi pengidap penyakit diabetes:

Berolahraga

Berolahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga berat badan stabil serta membantu kerja insulin. Denga berolahraga glukosa di dalam tubuh akan dirubah menjadi energi.

Olahraga dapat dilakukan kapanpun misalkan membersihkan rumah, lebih memilih naik tangga daripada naik lift, berkebun, jalan kaki, bersepeda dan lain sebagainya. Ada baiknya Anda juga dapat berkonsultas terlebih dahulu kepad dokter yang menangani Anda untuk menentukan olahraga yang cocok dengan kesehatan Anda.

Konsumsi Makanan Yang Sehat
Makanan yang kita konsumsi sehari-hari dapat mempengaruhi kadar gula darah. Maka dari itu ada konsumsilah makanan yang sehat agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Hindari makanan cepat saji, gorengan, keripik, biskuit dan makanan manis lainnya. Makanan tersebut dapat melonjakkan kadar gula darah secara drastis. Untuk minuman sebaiknya hindari minuman yang bersoda karena minuman ini mengandung glukosa yang tinggi dan tidak ada efek kenyang sehingga membuat orang mengkonsumsinya lebih banyak.

Konsumsi Obat Diabetes Hari
Pengidap diabetes disarankan untuk konsumsi obat diabetes secara rutin atau jika yang suntik insulin dengan dosis yang sudah diatur oleh dokter yang menangani penderita. Meskipun penderita mengkonsumsi obat dan suntik insulin masih perlu menjaga pola makan dan berolahraga.

Cek kadar Gula Setiap Hari
Dengan cek kadar gula setiap hari, penderita diabetes dapat mengatur pola makan dan olahraga yang tepat untuk menurunkan kadar gula mereka. Selain itu cek HBA1C juga dapat dilakukan, HBA1C ini merupakan rekap kadar gula selama 3 bulan terakhir. Dari situ bisa dilihat seberapa baik tubuh Anda dalam merespon insulin. Cari tahu juga bagaimana cara terapi diabetes melitus tipe 2 yang paling efektif yang aman bagi tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *