Konsumsi makanan dan camilan pada waktu yang konsisten setiap hari, dan konsumsilah karbohidrat dalam jumlah yang tetap hari demi hari

Pendekatan yang umum dilakukan untuk mengatur kadar gula darah disebut penghitungan karbohid rat, yang berkaitan dengan penghitungan total gram karbohidrat atau sajian karbohidrat (mengandung 15 g karbohidrat per sajian) pada setiap makanan dan camilan. Hal ini berbeda dengan penghitungan kalori atau gram lemak yang harus dihitung dalam jumlah total per hari untuk melihat apakah target terpenuhi.

Jika menghitung total karbohidrat, maka Anda harus tahu iumlah yang biasanya Anda konsumsi dalam setiap makanan dan camilan (bukan total dalam satu hari) karena karbohidrat biasanya memiliki efek puncak padakadar gula darah 90-1,20 menit sesudah makan. Jadi untuk sarapan setiap hari, lebih baik Anda mengonsumsi iumlah karbohidrat yang sama jika ingin menjaga kestabilan kadar glukosa darah (tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah) setelah sarapan dan sebelum makan siang. cara mengobati penyakit diabetes melitus secara alami Anda pun disarankan untuk mengonsumsi jumlah karbohidrat yang biasa setiap hart saat makan siang, makan malam, dan untuk camilan.

pri_1447217447Jika jumlah asupan karbohidrat berubah-ubah setiap hari, maka kadar gula darah Anda akan menjadi kacau (kecuali Anda bisa menyesuaikan dosis insulin untuk setiap variasi asupan karbohidrat). Seperti tedihat pada Tabel 4.1.,jika Anda mengonsumsi 55 g karbohidtat untuk makan malam hati ini dan malam berikutnya Anda mengonsumsi pasta yang mengandung 130 g karbohidrat, maka kadar gula darah saat tidur akan lebih rendah setelah makan 55 g karbohidtat dan lebih tinggi setelah makan 130 g karbohidrat.

Dokter dapat membantu Anda menghitung jumlah insulin tambahan yang Anda butuhkan untuk mengatasi karbohidrat ekstra yangterdapat dalam pasta sehinggakadar glukosa setelah makan tetap betada dalambatasan yang normal (kurang dari 180). Akan tetapi, asupan karbohidrat yang konsisten akan mempermudah pengontrolan kadar gula darah Anda.

•    Kurangi atau hindari minuman dengan pemanis alami dan buatan. Jauhi soda danfruit pwruch, batasi jus buah segar hingga 1,20 ml per hari karena karbohidrat cair menvebabkan kenaikan kadar gula yang sangat cepat.

•    Sesuaikan waktu pemberian insulin dengan jam makan. Beberapa insulin kerja cepat harus dikonsumsi 30 menit sebelum makan dan insulin kerja sangat cepat dapat digunakan beberapa saat sebelum makan. Tanyakanwakru yang paling tepatpada dokter Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *