Apa Penyebab Lonjakan Gula Darah Pada Penderita Diabetes Tipe 1?

type 1Pada penderita diabetes tipe 1, pankreas yang dibutuhkan untuk mengangkut gula dari darah ke sel jumlahnya tidak cukup, bahkan tidak ada sama sekali. Hal ini terjadi karena adanya kerusakan pankreas sebagai produsen insulin. Akibatnya, insulin tidak tersedia dalam jumlah yang cukup atau tidak diproduksi sama sekali.

Apa penyebab lonjakan gula darah pada penderita diabetes tipe 2?

Pada diabetes tipe 2, lonjakan kadar gula darah bukan karena tidak adanya insulin. Insulin diproduksi cukup dan pankreas berfungsi seperti seharusnya. Namun, insulin yang diproduksi tersebut tidak bekerja sebagaimana mestinya. Insulin tidak bisa mengangkut gula dari darah ke sel karena ada gangguan keseimbangan hormon.

Apa penyebab diabetes secara spesifik?

Akar permasalah memang ada pada insulin, namun masalah yang terjadi pada insulin itu juga pasti mempunyai sebab. Beberapa penyebab terjadinya masalah pada insulin secara lebih spesifik :

•    Terjadinya serangan virus pada pankreas, sehingga pankreas tidak berfungsi sebagai mana mestinya bahkan bisa kehilangan fungsinya sama sekali.
•    Kehamilan, hal ini sering terjadi pada wanita yang sedang hamil. Diabetes yang terjadi disebut diabetes gestasional
•    Menderita penyakit degeneratif seperti kanker, jantung dsb.
•    Terjadi penyusutan sel di pankreas yang fungsinya untuk memproduksi insulin. Ini biasanya terjadi karena faktor keturunan
•    Menderita penyakit otoimun seperti lupus dsb
•    Terjadi resistensi insulin atau ketidak pekaan insulin terhadap gula
•    Terjadi sensitivitas sel, sehingga tidak peka untuk bisa menerima gula yang diangkut oleh insulin

Apakah diabetes bisa sembuh dengan obat?

Sepertinya, telah terjadi kesalah fahaman di masyarakat luas. Kebanyakan, masyarakat mengira bahwa obat-obatan medis diabetes bisa mengatasi diabetes secara penuh. berbeda dengan obat tradisional diabetes dari bahan alami.

Faktanya, obat penurun gula darah yang sering dieberikan dokter hanya mempunyai kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah saja. Sebelum diberikan penanganan yang tepat, harus terlebih dahulu diketahui jenis diabetes yang diidap. Setelah itu, baru diatasi penyebabnya.

Mengukur kadar gula darah

Untuk mengetahui bahwa kadar gula itu tinggi, maka harus dilakukan pengukuran secara akurat. Pengukuran ini akan mengetahui tingkat keparahan dan klasifikasi dari penyakit yang diderita tersebut. Dengan pemeriksaan yang lengkap, bisa diketahui apakan seseorang tersebut mengidap diabetes melitus tipe 1 atau tipe 2.

Sebelum mengidap diabetes, seseorang biasanya mengidap pre-diabetes terlebih dahulu. Keadaan ini terjadi dimana kadar gula darah sudah melampaui batas normal, tetapi belum bisa dikategorikan sebagai diabetes melitus. Keadaan ini jika dibiarkan bisa berkembang menjadi diabetes melitus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *