Mitos Dan Fakta Tentang Kesuburan Pria

Mitos Dan Fakta Tentang Kesuburan Pria

Mitos Dan Fakta Tentang Kesuburan Pria – Selama ini bila kita membicarakan tentang kesuburan, paling sering kita mengkaitkannya dengan wanita. Jarang sekali ada topic yang membahas tentang kesuburan pria. Oleh sebab itu, ada baiknya kita mengetahui tentang mitos dan fakta yang berhubungan dengan kesuburan pria yang mungkin selama ini tidak kita ketahui.

  • Mitos : Masalah ketidaksuburan/kemandulan (infertilitas) kebanyakan terjadi pada wanita
    Fakta : Sekitar 40% dari kasus infertilitas terletak pada pria.
  • Mitos : Stres adalah penyebab utama infertilitas
    Fakta : Tidak sepenuhnya benar, sebab stres hanya mempengaruhi nafsu seksual seseorang namun tidak pada kualitas dan kuantitas air mani. Sehingga stres bukan penyebab kemandulan.
  • Mitos : Suhu normal pada testis akan meningkatkan kualitas air mani
    Fakta : Menjaga suhu testis agar tetap normal adalah baik untuk kesehatan dan kualitas sperma seorang pria. Oleh sebab itu hindari memangku laptop terlalu lama atau meletakkan ponsel di saku celana Anda.
  • Mitos : Hanya pria paruh baya yang dapat memiliki masalah dengan infertilitas
    Fakta : Masalah infertilitas dapat terjadi/dialami oleh pria dari segala usia. Bahkan ada beberapa kasus infertilitas yang terjadi pada pria usia 20tahun-an.
  • Mitos : Merokok dan minum minuman beralkohol akan meningkatkan kemandulan (infertilitas) pria.
    Fakta : Ini sepenuhnya benar. Oleh sebab itu berhenti merokok dan minum minuman beralkohol akan dapat meningkatkan kualitas sperma Anda.
  • Mitos : Suplemen atau vitamin tidak dapat membantu meningkatkan kesuburan pria
    Fakta : Suplemen vitamin anti oksidan, seperti vitamin C, vitamin E, zinc, dan selenium akan mampu meningkatkan kualitas kesuburan pria. Namun konsumsilah sesuai anjuran dokter.
  • Mitos : Jika seseorang telah memiliki anak sebelumnya, ia tidak akan menderita infertilitas.
    Fakta : Ada berbagai hal yang menjadi penyebab seseorang menjadi tidak subur. Salah satunya adalah perubahan hormon yang dapat menyebabkan berkurangnya konsentrasi sperma pria. Oleh sebab itu tidak ada jaminan yang menyebutkan bahwa apabila seseorang telah memiliki anak, ia tidak akan mengalami masalah infertilitas.
  • Mitos : Berat badan tidak akan mempengaruhi kesuburan pria
    Fakta : Pria yang memiliki tubuh dengan indeks massa tubuh yang normal akan memiliki kuantitas dan kualitas sperma yang lebih baik dibandingkan dengan pria yang kelebihan atau kekurangan berat badan.
  • Mitos : Bersepeda akan mempengaruhi kesuburan pria
    Fakta : Bersepeda tidak akan berpengaruh buruk bagi kuantitas dan kualitas sperma. Namun masalah seksual yang berkaitan dengan bersepeda adalah persoalan tentang ereksi.
  • Mitos : Berhubungan seks setiap hari akan dapat meningkatkan kesuburan
    Fakta : Hal ini sama sekali tidak berpengaruh terhadap kesuburan seorang pria. Justru sebaliknya hal ini akan mempengaruhi kesuburan pria.

Nah, ternyata ada begitu banyak mitos dan fakta tentang kesuburan pria yang beredar selama ini dan belum tentu sepenuhnya benar termasuk penggunaan produk-produk penyubur dan salah satu obat penyubur yang terbukti aman yaitu madu penyubur kandungan. Oleh sebab itu sebelum mempercayainya, pelajarilah terlebih dahulu baik-baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *