Cara Merawat Wajah Berjerawat dan Berminyak

Cara Merawat Wajah Berjerawat dan Berminyak

Cara Merawat Wajah Berjerawat dan Berminyak – Siapapun tentu menginginkan memiliki wajah yang mulus dan bersih. Akan tetapi, minyak di wajah seringkali membuat wajah tampak berkilap, yang seringkali menjadi tempat menempelnya debu, kuman, dan bakteri sehingga wajah berminyak menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat apabila tidak diatasi dengan segera.

Sebagian besat mereka yang berjerawat memiliki tipe kulit berminyak. Meskipun ada sedikit kasus yang memiliki jenis kulit kering namun tetap berjerawat. Sesungguhnya minyak yang diproduksi akan membuat kulit tetap sehat, lembab, dan tetap terpelihara kekenyalan serta kekenyalannya. Namun apabila produksi minyak terlalu berlebih maka akan mengakibatkan beberapa masalah pada kulit.

Seseorang yang memiliki kulit wajah berminyak akan rentan terserang jerawat dibandingkan dengan jenis kulit lainnya. Minyak di wajah dapat menjadi perangkap bagi kotoran dan polusi yang kemudian bercampur dengan bakteri yang menyebabkan jerawat. Oleh sebab itu, mereka yang memiliki wajah berminyak memerlukan perawatan khusus. Bila melakukan metode perawatan wajah yang salah justru akan membuat kondisi wajah semakin parah, terutama apabila wajah Anda sudah terlanjur berjerawat.

Berikut beberapa cara merawat wajah berjerawat dan berminyak :

  • Bedak Obat
    Bedak obat dengan kandungan asam salisilat, asam glikoat, atau bahan penyerap minyak lainya bisa membantu merawat kulit wajah anda.
  • Kertas Minyak
    Kertas minyak berguna untuk menghilangkan minyak tanpa membuat kulit Anda kering. Usapkan dan tempelkan kertas hisap pada bagian wajah yang berminyak selama 20 detik.
  • Pembersih Muka
    Cara merawat dan menghilangkan kulit berminyak paling efektif adalah membersihkan muka pada pagi dan malam hari. Gunakanlah pembersih muka yang lembut dan handuk yang lembut bagi wajah Anda.Pembersih muka saja tidak lah dapat menyingkirkan minyak.
    Oleh karena itu, cobalah produk yang mengandung asam: seperti benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat, atau asam beta-hidroksi. “Banyak produk yang mengandung asam terdapat di dalam produk perawatan jerawat seperti gluta panacea yang salah satu manfaat panacea gluta selain mampu mengurangi jerawat juga mampu mengurangi produktifitas minyak berlebih dari dalam tubuh.
    Jadi, produk-produk tersebut bukan hanya baik untuk perawatan jerawat tapi juga baik untuk kulit berminyak,” brgitulah yang dipaparkan April Armstrong, MD. Namun karena beberapa bahan ini bisa menyebabkan iritasi, maka gunakanlah konsentrasi asam yang sesuai dengan kekuatan kulit anda. Cucilah dengan air hangat, tidak panas, karena suhu ekstrim dapat mengiritasi kulit.
  • Putih Telur
    Caranya: ambil putih telurnya saja. Kocok sebentar kemudian oleskan ke wajah dan diamkan hingga 15 menit. Putih telur bermanfaat mengurangi minyak di wajah yang seringkali menyebabkan timbulnya jerawat.
  • Jeruk Nipis
    Iris jeruk nipis menjaid dua dan oleskan irisannya pada kulit wajah yang berjerawat, rasakan hasilnya setelah beberapa minggu. Untuk masalah kulit berminyak anda dapat memeras jeruk nipis dan mencampurkannya denga 1 sdm gula pasir dan gosokkan ke wajah lalu diamkan dan bilas hingga bersih.

Jadi itulah beberapa cara merawat wajah berjerawat dan berminyak. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan disetiap akan menjalankan program perawatan kulit usaha berkonsultasi terlebih dahulu ke Pakar kulit yang sudah terpercaya. Terima kasih, selamat mencoba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *