Bagaimana Sih Melakukan Pencegahan Penyakit DM Itu?

Diabetes melitus merupakan penyakit yang sebisa mungkin dicegah. Karena jika sampai menderita penyakit ini, ada banyak sekali masalah kesehatan yang berpotensi kita alami. Namun bagaimana sih sebenarnya melakukan terapi untuk diabetes melitus tipe 2 / pencegahan penyakit DM itu? Apakah tindakan pencegahan penyakit diabetes melitus tersebut sulit untuk dilakukan? Sebenarnya, mencegah penyakit diabetes melitus tidaklah terlalu sulit.

Untuk mencegah penyakit diabetes melitus hanya dibutuhkan kedisiplinan diri. Bila anda mau mendisiplinkan diri, kemungkinan besar anda bisa terhindar dari penyakit diabetes melitus. Seperti apa saja tindakan pencegahan penyakit diabetes melitus tersebut? Mari simak penjelasan lengkapnya melalui artikel ini.

3 Tindakan Pencegahan Penyakit DM yang Efektif

pencegahan penyakit dmPencegahan penyakit DM yang efektif tidaklah sulit untuk dilakukan. Namun memang mayoritas orang yang mencoba mengalami kegagalan akibat kurangnya disiplin diri. Seperti apa tindakan pencegahan penyakit diabetes melitus yang efektif tersebut? Berikut ini 3 cara mencegah penyakit diabetes yang bisa mulai anda lakukan:

1. Mengatur pola makan

Alasan pertama mengapa seseorang bisa menderita penyakit diabetes melitus sebenarnya bukanlah karena faktor keturunan. Seseorang lebih berpotensi untuk menderita penyakit diabetes melitus akibat pola makannya tidak diatur. Oleh sebab itulah, sebaiknya atur pola makan anda. Kurangi atau hilangkan kebiasaan anda dalam memakan makanan yang tidak sehat. Konsumsilah makanan yang sehat mulai dari sekarang.

2. Mengatur pola hidup

Selain pola makan, pola hidup juga memberikan kontribusi yang cukup besar dalam besar kecilnya potensi anda untuk menderita penyakit diabetes melitus. Seseorang yang sering mengalami stress akibat pekerjaan akan jauh lebih berpotensi untuk menderita penyakit diabetes dibandingkan dengan mereka yang tidak mengalami stress.

Selain itu, orang yang lebih banyak tidur larut malam juga lebih berpotensi untuk menderita penyakit diabetes. Itulah mengapa sebaiknya mulai sekarang aturlah pola hidup anda dengan benar. Pola hidup sehat jelas akan sangat membantu anda untuk terhindar dari penyakit diabetes melitus.

3. Rutin berolahraga dan mengontrol berat badan

Alasan mengapa semakin banyak orang yang menderita penyakit diabetes melitus adalah karena kita semakin tidak mempunyai cukup waktu untuk berolahraga. Jika anda tidak ingin menderita penyakit diabetes melitus, mulailah berusaha untuk meluangkan sedikit waktu setiap hari untuk berolahraga ringan seperti bersepeda, jalan cepat, atau jogging.

Selain itu, pastikan untuk mengontrol berat badan. Jangan sampai anda mengalami masalah kelebihan berat badan. Karena obesitas atau kelebihan berat badan juga meningkatkan potensi anda untuk menderita penyakit diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *